Kamis, 17 Mei 2012

Tripod oh Tripod

Woyooo para bloggers,, jumpa lagi sama ane.. *mumpung lg long weekend jd smpet ngeblog deh*

To the point aja,, akhir2 ini ane lg kepingin beli tripod.. Ane baru tau betapa pentingnya tripod dalam fotografi,, terutama fotografi malam!! Kenapa?? Yang namanya malam hari kan pasti gelap yah (emang ada malam yang terang? | ada tuh, | malam apa? | malampar korek ke pom bensin) *itu mah kebakaran,, bukan terang.. hahaha ga lucu,, forget it!!

Ya karena foto di malam hari minim cahaya,, biasanya kita make cahaya dari lampu flash,, namun lampu flash ini memiliki kekurangan.. pertama kalo untuk foto area yang luas,, ga nyampe tuh cahaya terangnya.. terus kalo muka kesemprot cahaya flash jadi terang banget,, sementara background di belakangnya jadi gelap bengeeeet,, ga alami gitu deh.. (CMIIW)

 
 Foto dengan flash, background jadi gelap banget
 Asem nih temen2 ane pada narsis2 (dari ki --> kanan : christandi, sabdayana, prendtullmircung

 Maka dari itu lebih bagus kalo foto malam pake cahaya yang ada di sekitar (tanpa flash).. Caranya gimana?? Caranya dengan mengesett kamera ente2,, misal kecepatan shutter diperlambat.. Semakin shutter lambat semakin banyak kamera menangkap cahaya.. Atau kalo ga main di apperture nya,, ente kecilin angkanya.. Nah kalo shutter sama apperture dah diset,, ISO nya kan bisa dikecilin biar meminimalisir noise nya... Settingan seperti ini asik buat foto malam.. (CMIIW)

TAPI,,, jeng jeng jeng jeng

Dengan shutter yang lambat berarti kita harus menahan/memegang kamera lebih lama selama si kamera lagi ngambil gambar,, dan yang namanya orang kan ga mungkin stabil sestabil sileeet,, eh sestabil tiang yang bisa diem tanpa gerak.. Karena kita bukan tiang,, besar kemungkinan saat kamera sedang mengambil gambar,, tangan kita gerak dan hal ini menimbulkan efek ngeBLUUUUUURRRRRRRR....


Contoh foto pit warna warni di Alun-Alun Kidul Yogyakarta,, tapi blur T_T


Awaaass ada orang setress (foto tanpa flash,, background ga gelap kan)

Untuk itu lah diciptakan tripod,, dengan make tripod kita bisa menaruh kamera dengan stabil dalam settingan tadi,, jadi hasilnya kaga BLUUUUURRRRR... Pengalaman ane tiap foto malam pasti ngeblur,, haha kaga punya tripod (padahal baru 2x hunting foto malam,, maaf masih newbie) Trus untuk pemilihan tripod,, ane juga masih bingung2 gimana gitu.. Enaknya beli tripod yang bijimane?? Kalo ane pribadi sih pengennya yang :
1. Harganya miring miring ga penting wkwk kayak lagu siapa gitu
2. Tingginya cukup,, kurang lebih 1,5 meter an lah
3. Yang bisa memuat beban agak berat,, soalnya kenapa??
  Pengalaman dari temen ane,, dia beli tripod ecek2 murah meriah cuma 80rb tinggi 1,5 m.. gilak murah bgt!! tp ya sayang nya lemah.. waktu itu ane sama temen ane belum mengerti apa pentingnya tripod yang berat2,, ane mikir "sama2 tripod yang penting kan bisa buat naruh n ngestabilin kamera,, so buat apa yg berat2" Nah waktu itu lg hunting di bukit bintang Gunung Kidul Yogyakarta.. Anginnya sumilir mak whuuush kenceng2 gimana gitu.. Pas lagi naruh di tripod trs kamera disett timer,, (karena kite smua pngen narsis) tiba2.... whuuuuuuuuush angin lewat tanpa permisi dan JEDUUUUG kamera pun ambruk.. aduuh sayang banget kan kamera ambruk cuma gara2 tripod yang ga kuat.. Dan hal ini diulangi oleh temen ane yg lain.. Jadi malam itu 2 orang temen ane kameranya pada jatuh gara2 tripodnya ditiup angin hahahaha...

Oh iya,, kalo ga punya tripod n lg hunting foto malam,, mending nyari SESUATU yang bisa jadi alas n stabil,, kayak batu / tembok / jok motor / dll pokoknya manfaatin lingkungan sekitar tapi ya jangan sampe jatoh,, apalagi dicuri orang xixixiix...



Ini contoh foto ane di Bukit Bintang Gunung Kidul Yogyakarta... Ane ga pake tripod,, tp pake tembok

hehehe :))

0 komeng:

Posting Komentar