Rabu, 23 Mei 2012

Gigiku Dulu Tak Begini (sebuah perjalanan dari Mrongos ke Mringis)

Hahahaha *tiba2 ketawa* *yang punya blog lagi setres*

Dilihat dari judulnya,, menurut L ane bakal cerita apa hayoo??
Hehehe pada sesi ini ane bakalan curhat tentang GIGI,, especially my own teeth...



"MRONGOS" apa yg kalian bayangkan pertama mendengar kata ini?? Pasti kebanyakan mikirnya jelek ya?? Hehehe emang jelek sih.. Jadi mrongos (bahasa inggrisnya overlap,, dikira balapan motor kali ye) (bahasa indo nya tonggos, gigi maju, nongol, melambai dada2 ke kamera *malah uji nyali*)  (bahasa planet aka istilah keren anak KG nya protusif) adalah suatu keadaan dimana posisi gigi itu lebih maju ke depan (labioversi)..


Kenapa bisa MRONGOS?? Banyak penyebab dari kemrongosan seseorang,, biasanya sih karena bad habit,, namun ada juga yang karena herediter atau keturunan.. Bad habit (kebiasaan buruk) seperti menghisap ibu jari dan jari2 yang lainnya,, bernafas lewat mulut,, cara menetek yang salah,, menggigit2 sesuatu,, suka melet2 kayak guguk,, dll.. 


Nah kalo ane termasuk yang menghisap ibu jari,, sejak kecil ane kalau tidur suka ngisep ibu jari.. Namanya juga orang tidur kan dalam keadaan tidak sadar ya?? Jadi kemrongosan yang ane punya ini bukan salah ane tapi emang udah pemberian yg di Atas.. Ane ngisep jempol ini udah sejak TK,, mana frekuensinya sering lagi,, jadi waktu gigi ane masih gigi susu udah maju.. Kalo ane di foto waktu TK penampakannya tuh kayak kelinci gitu,, ga bisa mingkem dan cuma keliatan 2 gigi depan yang muajuuu uuu cibicibicibi :3


Seiring berjalannya waktu kemrongosan ane makin meningkat,, SD-SMP.. Nah di SMP ini ane mulai merasa minder,, mulai punya rasa malu karena giginya jelek,, kalo ngomong secukupnya,, kalo ketawa sembunyi2 *padahal pengen ketawa puas* menderita banget kan? Yah inilah susahnya jadi MRONGOSer,, rasanya beban mental seperti jatuh pada jurang yang dalam.. Yang paling menyakitkan itu saat ada temen yang ngatain kita kalo gigi kita maju,, tonggos,, aduh mak jleeeb banget pokoknya.. Pasti temen2 MRONGOSer juga merasakan hal yang sama seperti ane..
Dah semenjak itulah mrongos bisa merubah kepribadian orang,, biasanya menjadi pendiem dan muram (karena jarang senyum,, malu kalo ketawa,, jadi ga sumeh),, bibir pun juga jadi maju jadi kalo mingkem biasa aja kadang susah,, kadang diliat kok memble,, monyong,, dikira cemberut,, padahal mingkem biasa.. Aduuuh serba salah.. Bertahun2 hal ini ane rasakan hingga kepribadian ane berubah jadi kek gitu,, bahkan di SMA pun ane pernah dibilang "MANUSIA TANPA EKSPRESI" karena tiap ane dikasi stimulus humor maupun kejutan ane cuma diem aja,, ga berani buka mulut,, seolah2 menutupi kemrongosan yang ane miliki.. Padahal semua orang juga tahu kalo ane adalah MRONGOSer,, bhahaha :B


Dan dunia pun berubah saat negara api menyerang,, eh salah saat ane masuk ke jurusan KEDOKTERAN GIGI.. Entah kenapa ane bisa milih masuk sini,, dulunya sih pengen ke dokter hewan,, tapi karena tau kalo passing gradenya agak di bawah jadi coba milih yang agak tinggian tapi masih berbau "dokter" ya udah dokter gigi aja *ane sadar diri kok,, kalo milih dokter umum jelas kagak bakal ketrima dengan duit dan otak ane yang pas2an gini* Awalnya sih malu juga,, calon dokter gigi kok giginya MRONGOS.. Tapi ternyata di sini semuanya bisa berubah,, just like a magic! wow,, wow,, ayo semua katakan W-O-W...


Masuk kuliah di sini mulai kenal segala macam tentang gigi,, dan di semester 2 akhirnya ane menghentikan penderitaan ini.. Ane capek jadi orang MRONGOS yang selalu diam,, ga punya ekspresi,, murung,, dll.. Ane pun menjalani perawatan orto alias dibehel giginya,, hehehe.. Dan sampai sekarang kira2 udah 2 tahun,, perawatannya membuahkan hasil yang sangat baiiik.. Gigi ane yang tadinya MRONGOS bisa MUNDUR dan bisa kembali senyum seperti orang2 lain (tanpa rasa malu).. Semenjak ane dibehel,, semenjak ane masuk KG ane jadi ga malu lagi jadi MRONGOSer.. Dulu tuh mendengar kata MRONGOS aja rasanya tabu bangeeet,, mak jleb di kuping,, sekarang kayaknya asik banget ngomong MRONGOS2 gini,, apalagi ditulis pake huruf gedhe kayak gini *CapsLock mode on* wkakakak.. Dulu menghindari kata2 mrongos,, sekarang enak banget bisa ngomong mrongos,, bahkan ngatain orang.. wkwk ternyata enak ya ngejekin orang mrongos (tapi yang sesama anak KG) soalnya kalo ngatain orang luar pasti terasa JLEBnya,, kalo anak KG kan udah biasa.. Balas dendam!! hahaha
Pokoknya semenjak ane dibehel,, kepribadian ane berubah banget!! Dulu di SMA sempet dikatain "manusia tanpa ekspresi" sekarang malah "manusia dengan ekspresi berlebihan" saking berlebihnya sampai suka niruin orang2 di sekitar,, dan kata temen ane (Prof. Paksi Inggil Lumaksita) ane itu orangnya IMPRESSIONIST.. Hehe alhamdulillah banget bisa jadi orang yg penuh canda tawa bisa menghibur banyak orang,, ga pendiem,, ga pemalu lagi.. Senyum Indonesia senyum pepsodent.. eh malah ngiklan xD


Ini ada pesen dari ane,, buat temen2 MRONGOSer lainnya yang membaca blog ane.. Jangan malu kalo punya gigi mrongos,, tetep Pede Aja,, biar orang berkata apa.. Kalopun pengen giginya bagus,, boleh lho dateng ke FKG buat menjalani perawatan orto (malah promo nyari pasien) hahaha.. Pokoknya santai aja jangan dijadikan beban mental.. Banyak kan tokoh2 terkemuka yang sukses karena kemrongosannya?? Sebut saja mawar,, *ga berani sebut2,, you know who lah..* Contoh aja mereka yang tetep Pede walaupun kalo diliat emang tidak indah,, tapi percayalah :)
Ortodonsia itu sungguh ajaib,, suatu ilmu yang bisa memperbaiki estetika gigi,, dari gigi yang piknik jalan2 salto ga karuan bisa baris berjejer dengan rapi,, pokoknya wow banget.. Dan di sini ane sekaligus membuktikan itu.. Ane pernah menjadi MRONGOSer,, namun dengan adanya orto semua bisa teratasi.. Makanya kelak ane juga pengen ngambil spesialis orto (Sp.Ort) aamiin Ya Allah :DD hebat kan dokter gigi aja giginya pernah jelek lhoo hehehe ga ada masalah lah dengan gigi jelek!!



Inilah akhir dari cerita ane,, semoga foto2 ini bisa menjadi inspirasi untuk para MRONGOSer.. woyooo



foto jaman kelas 1 SMA, kalo senyum ga berani ngeliatin gigi.. kyaaa ini masih cupu abis!!



Yang ini jaman OSPEK kuliah,, kebetulan ane ketua kelompok ORTODONSIA,, halo nama saya Korkhaus heheh,, tampak senyum ane masih ga berani ngeluarin gigi.. *tapi ternyata banyak temen2 ane yg ga sadar kalo dulunya ane itu MRONGOS* wkwkkw 



Dan ini cetakan gigi ane yang masih MRONGOS,, maloklusi angle klas1 dengan crowding gigi-geligi, protusif, open bite anterior..




Yang ini foto ane sekarang,, ane udah berani menampakkan gigi ane :D senyum sesuka hati,, ngakak sepuasnya ampe perut kram.. Tapi bibir atas masih incompeten alias hipotonus karena efek kemrongosan dulu,, kalo mingkem masih wagu alias aneh,, kalo ketawa rada gum smile hehe tapi bisa diatasi dengan exercise otot2 bibir kok :)



Aku bangga pernah jadi orang MRONGOS,, alhamdulillah sesuasu eh sesuatu 

18 komeng:

  1. hahaha... kisahnya menariikk biidz... :)

    nice.. nice..

    tapi kalo pendapat pribadiku nih,, mrongos gpp yg penting akhlaknya baikk. percuma ganteng kayak artis2 tp kelakuannya buruk :)

    keep spirit !!

    BalasHapus
  2. beneran ni gpp kak mrongoser masuk fkg ?
    aku mmg udh g pala mrongoser karna sudah pake behel tapi yang ga pedenya bibir atas keliatan terlalu maju philtrum keliatan terlalu gede. itu gimana kak ?

    BalasHapus
  3. @nikmah: emang ada gitu artis ganteng yg mrongos? hhe

    @kemi: hahaha emg yg nglarang siapa?? boleh2 aja,, tp ya ntar pasti bakal dirawat giginya (naluri mahasiswa fkg).. kalo philtrum gedhe kayaknya bisa diexercise otot2 bibirnya biar balik ke semula.. CMIIW

    BalasHapus
  4. hehe iya kak ..
    gimana tuh exercise otot2 bibirnya kak, ajarin dong..?

    BalasHapus
  5. kak abid critanya lucu :D
    salam kenal yaa kk.. adek juga masuk KG looh ni, masih smt 2 :p tp d solo :)

    BalasHapus
  6. Wahaha, boleh nih kak ceritanya.. hahaha
    Keknya bisa di coba...

    BalasHapus
  7. Di mana bias dpt ortoden yg murah tp bagus :D

    BalasHapus
  8. Aduh,,ceritanya eh,,penderitaannya gue banget!!!!!pengen pake behel tp budget gak pnh tercukupi hahahaahah!!!

    BalasHapus
  9. Hikss bener banget dehh semuanyaa ga pernah pede kalo ketawa atau senyumm 😭 Dan rasanya tuh kaya ga ada yg ngerti penderitaan gue....
    Tp gue udh pernah dibehel dan ga ngubah apa2 masa... Bahkan (bukan berusaha ngejelek2in) dokternya bilang kalo ga mau maju ya oplas aja terus gue merasa kaya ga ada harapan.. Sampe sekarang masih ngerasa sedih pingin minta behel lagi tp ga enak juga sama ortu kan masa sampe dua kali

    BalasHapus
  10. Hikss bener banget dehh semuanyaa ga pernah pede kalo ketawa atau senyumm 😭 Dan rasanya tuh kaya ga ada yg ngerti penderitaan gue....
    Tp gue udh pernah dibehel dan ga ngubah apa2 masa... Bahkan (bukan berusaha ngejelek2in) dokternya bilang kalo ga mau maju ya oplas aja terus gue merasa kaya ga ada harapan.. Sampe sekarang masih ngerasa sedih pingin minta behel lagi tp ga enak juga sama ortu kan masa sampe dua kali

    BalasHapus
  11. Habis berapa bang buat perawatan ?? @lets get abid

    BalasHapus
  12. Wkwkkw ngakak gue. Gue juga mrongoser yg lagi pake behel nih. Masa2 remaja ampe dewasa gue lalui dg penderitaan yang lu ceritain di postingan ini hahahaha. Semoga setelah proses behel ini usai, gue juga bisa senyum lebar kayak elu ya gan

    BalasHapus
  13. Wh pas benget,..
    Sukses lah but kk,...yg tlh mendapt senyum indahnya kembali.
    Kini giliranku, di mana ya k aku bisa dapet dr, ortd ??

    BalasHapus
  14. Ahahahaaa... Ini dokter Gigi lucu juga yaaa hahahaha... Tapi udah praktek belum .. gimana pasien nya .. moge2 bisa buat pasien PD ancur yaaaa..yaakk ..

    Dari gw yang punya gigi mrongos jugaaaaa....

    BalasHapus