Senin, 21 Mei 2012

Bedah Mulut III (Suntik Antarteman)

Apa yang ada di pikiran kalian setelah mendengar kata "suntik"??
takut? seram? biasa aja? waow?? waow banget?? waow sebanget2nya?? ato malah ga tau apa itu suntik??
hehehe..

Jadi begini ceritanya,, ane kan seorang mahasiswa kedokteran gigi.. Nah di semester ini ada mata kuliah bedah mulut 3 dan salah satu praktikumnya adalah Teknik Block Anestesi Mandibula Nervus Alveolaris Inferior metode indirect.. Nah di sini kita dibagi berpasang2an (uuu so swiiit) utk saling suntik-menyuntik antarteman,, ngeri ga tuh?? Disuntik aja udah ngeri,, apalagi di dalam mulut,, apalagi yang nyuntik temennya sendiri,, kyaaaaaaa but the show must go on lah...


Ini foto ane lagi pasrah mau disuntik hehehe *eh bentar itu ada semacam makhluk ngapain ya nongol di situ bzzzzz (re : prendtull)

Langsung ke teorinya,, menurut yang sudah diajarkan begini sepengetahuan saya:
1. Siapkan informed consent dll trus sebelum dianastesi dicek dulu gan tensinya,, kalo misalnya tinggi mending jangan dulu deh..
2. Kalo udah aman,, siapkan alat dan bahannya (spuit injeksi, lidocain 1 ampul = 2cc) Lalu posisikan pasien supinasi/ semi supinasi,, pokoknya tinggi mulut pasien sejajar dengan siku,, trus saat membuka mulut,, dataran oklusal pasien sejajar lantai.. Jangan lupa prinsip aseptis bedah mulut,, cuci tangan, pake gloves masker topi bedah,, sendal jepit!!
3. Bila mau nyuntik sisi kanan,, operator berada pada jam8,, sedangkan yang kiri pada jam10
4. Kalo udah dipersiapkan semua,, pertama dengan jari telunjuk susuri (raba) sulcus buccalis dari gigi2 molar sampe ke belakang nemuin margo anterior ramus,, linea obliqua eksterna trs naik ke atas cari cekungan yang paling dalam,, di situlah letak Coronoid notch..
5. Kalo uda nemu coronoid notch tadi kan telunjuk posisinya kuku di sebelah lateral,, nah kita putar telunjuk 180 derajat dan di sebelah medial coronoid notch ada cekungan,, medialnya lagi ada linea obliqua interna.. Posisi ujung kuku telunjuk pada linea obliqua interna sambil jarinya ngeretract pipi..
6. Dari arah kontralateral kira2 interdental gigi C-P1 jarum diposisikan sejajar oklusal dan ditusukkan pada daerah depan ujung kuku tadi.. Suntik sampe mentok tulang..
7. Lalu diarahkan ipsilateral dan masukkan jarum kira2 2cm *njuuuuusss* setelah masuk trs spuit diarahkan ke kontra lateral lg tapi sedikit aja... Di situlah posisi foramen mandibula (lubang masuknya nervus alveolaris inferior) tempat kita mendeponir larutan anestesi,, e e e ee tapi ingat!! Aspirasi dulu sebelum deponir,, kalo ga ada darah,, deponir kan pelan2 larutan anestesi sebanyak 1cc..
8. Nervus alveolaris inferior udah,, lalu jarum ditarik sekitar 0,4-0,5 cm dan lakukan aspirasi lagi,, kalo ga ada darah lanjutkan deponir 0,5cc untuk anestesi nervus lingualis..
9. Kalo udah tarik perlahan,, keluarkan dan tutup spuit,, amankaaaaan!!





Nah ini contoh yang aspirasinya positif,, darah masuk ke dalam spuit.. Ini darah ane yg diisep ama temen ane wkakakak nakal ya?? hehe biasanya kalo positif jarumnya dimundurin dikit trs diaspirasi lg kalo ga ada darah lanjut deponir... Serem ga tuh? xD *sebenernya darahnya ga banyak2 bgt soalnya itu kecampur sama sisa lidocain yg 0,5cc nya...


Hehehe kira2 begitulah teknik yg ane pake kemarin.. Setelah disuntik,, anestesi lgsg bekerja,, biasanya bibir satu sisi terasa tebel dan kebas kyk kesemutan gitu,, trus gigi2 satu sisi juga,, lidah pun ikut kebas satu sisi... Ini kalo berhasil lho ya.. soalnya kemarin ane dan temen2 beda2,, ada yg berhasil ada yg nggak,, ada yg cuma lidahnya doang yg kebas,, malah ada yg ampe kuping (kena nervus auriculotemporalis kah?) wow macem2 pokoknya...

Bagi anak2 FKG ini tu pengalaman yg seru2 menegangkan gimana gitu... Kita harus saling percaya antarteman,, antara pasrah dan takut hahaha.. Eh iy ada juga yang lucu di sini,, biasanya temen2 yg dah teranestesi ntar bibirnya jadi menceng kalo ngomong <<ini bikin ngakak guling2 wkwkwk soalnya kan yg teranestesi cuma 1 sisi gitu wkakakakkaka lidah juga jadi cadel ga bisa ngomong elll eh errrr... xD LOL
Tapi overall rasanya dah lega ngelewatin ini semuaaa huaaah 
*nafas lewat idung keluarin lewat pantat* 

2 komeng: